Program Kerja Asesmen Madrasah (AM)

Konten [Tampil]

 KATA PENGANTAR

Keputusan Dirjen Pendis Kementerian Agama Republik Indonesia nomor 901 tanggal 14 Pebruari 2023 tentang SOP Penyelenggaraan Asesmen Madrasah  tahun Pelajaran 2022/2023, setiap madrasah yang memenuhi syarat sebagai penyelenggara akan ditetapkan sebagai peyelenggarakan Asesmen Madrasah (AM), Panitia Asesmen menyusun program kerja terkait dengan pelaksanaan Asesmen agar dapat tercapai ketertiban dan kesuksesan, sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi serta sukses hasil.

Untuk mencapai tujuan tersebut, dengan melibatkan seluruh komponen yang ada di madrasah dan saling tukar informasi sesama kepala madrasah/sekolah dalam berbagai forAsesmen Madrasah (AM) rapat serta masukan dalam sosialisasi yang diadakan oleh dinas Pendidikan Pemuda dan Olah raga Kab tegal, Kementerian Agama Kabupaten tegal menjadi sAsesmen Madrasah (AM)ber peyusunan program kerja Asesmen MTs Raden Fatah Pangkah tahun pelajaran 2022/2023. Program ini berisi semua tahapan pelaksanaan Asesmen di MTs Raden Fatah Pangkah dari mulai perencanaan sosialisai kepada orang tua/wali peserta didik dan sosislisai kepada seluruh warga madrasah, kepada dewan guru, pegawai komite sekolah dan pada peserta didik khususnya kelas IX, pembentukan panitia,  penetapan anggaran, pelaksanaan ,evaluasi dan terakhir laporan penyelenggaran Asesmen Madrasah (AM).

Selain dapat digunakan untuk panduan oleh panitia dan guru di MTs Raden Fatah Pangkah, program kerja Asesmen MTs Raden Fatah Pangkah ini juga dapat memberikan informasi kepada seluruh pihak yang mempuyai kepentingan  yaitu pihak eksternal madrasah untuk dapat member gambaran bagaimana Asesmen di MTs Raden Fatah Pangkah dilaksanakan berdasarkan ketentuan dan peraturan yang berlaku.

Ucapan terima kasih disampaikan kepada semua pihak yang telah membantu tersusunnya program kerja Asesmen MTs Raden Fatah Pangkah Ini.Yang telah memberi masukan informasi terkait dengan penyelenggaraan Asesmen.

Akhirnya kepada Panitia dan seluruh dewan guru dan pegawai yang terlibat dalam penyelenggaraan Asesmen di MTs Raden Fatah Pangkah dapat selalu perpedoman pada program kerja ini dalam segala hal yang terkait dengan pelaksanaan Asesmen dan telah diupayakan peyusunan program kerja ini sebaik mungkin tetapi tentu dalam berbagai bagian masih banyak kelemahan oleh karena hal tersebut kami mohon maaf yang seikhlas- ikhlasnya, saran kritik dan masukan senantiasa kami harapkan sebagai bahan perbaikan dimasa yang akan datang

Pangkah,     Maret 2023

Kepala Madrasah

 

 

 

Drs. AHMAD ROFII

 

 

PENGANTAR UMUM

          Program Kerja Asesmen Madrasah Asesmen Madrasah (AM)) MTs Raden Fatah Pangkah Kab Tegal disusun secara sederhana dan sistematis, dan hanya menampilkan rencana kegiatan pokok yang langsung berhubungan dengan Asesmen madrasah dan Asesmen nasional adapun  kegiatan pendukung sukses Asesmen tecatat dalam program Asesmen Madrasah (AM) MTS Raden Fatah Pangkah Tahun Pelajaran 2022/2023.

          Program kerja ini disusun dengan sistimatika Pendahuluan, Isi dan Penutup. Pendahuluan berisi tentang dasar penyelenggaraan Asesmen Madrasah (AM)  dan Isi memuat segala rencana kegiatan mulai pra pelaksanaan Asesmen , Pelaksanaan Asesmen dan Penutup berisi  tentang saran dan dan harapan tentang pelaksanaan  Asesmen madrasah maupun Asesmen nasional

 

A.      PENDAHULUAN

Penyelenggaraan Asesmen Madrasah (AM) di MTs Raden Fatah Pangkah Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2022/2023 bedasarkan  pada :

1. Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaga Negara Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Nomor 4301)

2.    Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (Lembaran Negara Tahun 2005 Nomor 41 Tambahan Lembaran Negara Nomor 4496) yang telah beberapa kali diubah dan terakhir diubah dengan Peraturan Pemerintah No 13 tahun 2020 tantang Perubahan atas Peraturan Pemerintah  No 19 tahun 2005 tentang standar Nasional Pendidikn.

3.    Peraturan Menteri Pendidikan No 43 tahun Pelajaran 2020 tentang Penyelenggaraan Asesmen yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan Pendidikan dan Asesmen Nasional

4.    Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 901 tanggal 14 Pebruari 2023 tentang SOP Penyelenggaraan Asesmen Madrasah  Tahun Pelajaran 2022/2023,

5.    Keputusan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal Nomor …….. Tahun 2023 Tentang Penetapan Madrasah Penyelenggara Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran 2022/20235.                

6.    Rapat Dewan guru MTs Raden Fatah Pangkah pada tanggal 25 Februari 2023 dengan agenda persiapan dan pembentukan Panitia Asesmen Madrasah, di MTs Raden Fatah Pangkah

 

B.       ISI PROGRAM KERJA ASESMEN MADRASAH

        Untuk mendapatkan gambaran tentang rencana pelaksanaan Asesmen baik Asesmen Madrasah, kepala madrasah bersama dengan panitia Asesmen serta semua pihak yang terlibat dalam Asesmen di MTs Raden Fatah Pangkah menyusun program kerja Asesmen sebagai berikut :

  1. Agar segala perencanaan tepat sasaran maka kegiatan yang harus terlebih dahulu dilaksanakan adalah sosialisai Asesmen madrasah meliputi sosialisasi kepada orang tua/wali murid , kepada peserta didik dan kepada dewan guru MTs Raden Fatah Pangkah.
  2. Program kerja Asesmen berikutnya adalah agar segala kegiatan yang akan dilaksanakan ada yang bertanggung jawab dan yang mengkoordinir maka sesuai ketentuan yang berlaku diadakan pembentukan panitia Asesmen madrasah dan Asesmen nasional.
  3. Pendataan calon peserta Asesmen Madrasah (AM), sesuai mekanisme yang diatur dalam POS masing masing
  4. Pendataan dan pengiriman daftar calon pengawas Asesmen nasional ke koordinator atau sub rayon  ke Kantor Kementerian Agama Kab Tegal.
  5. Sosialisasi Asesmen Madrasah (AM) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal
  6.  Penyusunan kisi-kisi  dan soal serta pedoman pensekoran Asesmen Praktek
  7. Pelaksanaan Asesmen praktek .
  8. Penyusunan Kisi-kisi & naskah soal Asesmen Madrasah
  9.  Pelaksanaan Asesmen Madrasah Utama
  10.  Asesmen Madrasah (AM) susulan
  11. Koreksi Asesmen Madrasah (AM) Nilai Asesmen
  12. Laporan kilat/laporan kelulusan
  13. Distribusi, penjelasan penulisan Ijazah
  14.  Penerimaan Ijazah
  15. Evaluasi Pelaksanaan Asesmen
  16. Laporan penyelenggaraan Asesmen kepada Kemenag Kabupaten
  17. Pembubaran panitia Asesmen tahun 2023


C.      PENUTUP

Demikian program kerja, Asesmen Madrasah (AM) disusun dengan singkat dan sederhana dengan harapan dapat dilaksanakan secara mudah tetapi tepat sasaran sehingga akan tercapai sukses penyelenggaraan dan diharapkan akan berdampak positif dan tercapai sukses prestasi bagi peserta Asesmen di MTs Raden Fatah Pangkah.

 

 

                                                                                                Pangkah,       Maret 2023

                                                                                                Kepala Madrasah

                                                                                                           

 

 

                                                                                                Drs. AHMAD ROFII

 

 

 

 

       apa saja yang perlu dibuat atau dipersiapkan dalam Asesmen Madrasah, berikut adalah administrasi yang perlu dipersiapkan untuk Asesmen Madrasah:

 

1)          SK PANITIA ASESMEN MADRASAH

2)          URAIAN KERJA PANITIA ( JOB DISCRIPTION )

3)          RENCANA ANGGARAN BELANJA ASESMEN ( RAB )`                  

4)          DAFTAR NOMINASI TETAP PESERTA ASESMEN

5)          CONTOH KARTU PESERTA

6)          DAFTAR HADIR PESERTA

7)          JADWAL ASESMEN MADRASAH

8)          PETUGAS PENDSTRIBUSIAN SOAL ASESMEN MADRASAH (AM)

9)          DAFTAR KOREKTOR ASESMEN MADRASAH

10)      DAFTAR NILAI KOREKSI ASESMEN MADRASAH

11)      JADWAL ASESMEN PRAKTEK

12)      DAFTAR HADIR PESERTA ASESMEN PRAKTEK

13)      DAFTAR NILAI ASESMEN PRAKTEK

14)      BERITA ACARA ASESMEN PRAKTEK

Share:

2 Post a Comment:

Silahkan Masukan Komentar dan saran Anda yang membangun agar blog saya bisa menjadi lebih baik. Terima kasih

Total Pageviews