BENUA ASIA

Konten [Tampil]

BENUA ASIA

Source form google : adjar.ID - Grid.ID

a. Letak dan Luas Benua Asia

Berdasarkan letak astronomisnya, Benua Asia terletak pada 26° BT-170° BT dan 11° LS-80° LU. Sebenarnya, daratan Asia menjadi satu dengan daratan Eropa. Oleh karena itu, kedua benua tersebut sering disebut Erasia. Secara geografis Asia terletak di antara Benua Eropa, Australia, dan Afrika serta di antara Samudra Hindia, Samudra Pasifik, dan Samudra Arktik. Batas Benua Asia adalah sebagai berikut:


1)  Di sebelah barat Benua Asia berbatasan dengan Pegunungan Ural, Sungai Ural, pantai barat Laut Kaspia, Turki, Laut Hitam, Selat Bosporus, Selat Dardanella, Laut Tengah, Terusan Suez, dan Laut Merah, dan benua Eropa.


2)  di sebelah utara Benua Asia berbatasan dengan Samudra Arktik dan Selat Bering,


3)  di sebelah selatan Benua Asia berbatasan langsung dengan Samudra Hindia;


4)  di sebelah timur Benua Asia berbatasan dengan Samudra Pasifik.


Benua Asia meliputi hampir sepertiga daratan didunia Luas Benua Asia adalah 43.998.920 km² yang meliputi hampir sepertiga dari luas daratan di bumi.


b. Pembagian Wilayah Benua Asia

Benua Asia terdiri Asia Barat, Asia Tengah, Asia Selatan, dan Asia Tenggara. Negara yang terdapat di benua Asia adalah sebagai berikut.:


1)  Asia Tenggara meliputi Indonesia, Singapura, Brunai Darussalam, Philipina, Vietnam, Kamboja, Myanmar, Thailand, Laos, Malaysia, dan Timor Leste.


2)  Asia Barat meliputi Arab Saudi, Yordania, Suriah, Israel, Irak, Iran, Afghanistan, Kuwait, Bahrain, Qatar, Yaman, Oman, dan Turki.


3)  Asia Selatan meliputi India, Pakistan, Srilanka, Bangladesh, Nepal, dan Maladewa, Buthan.


4)  Asia Tengah meliputi Kazakstan, Usbekistan, Kirghistan, Tadzikistan, Turkmenistan, dan Armenia, serta sebagian China bagian barat (Propinsi Tibet, Xinjiang, Uygur, Mongolia).


5)  Asia Timur meliputi China, Jepang, Taiwan, Korea Utara, dan Korea Selatan.


    Pembagian wilayah tersubut lebih didasarkan pada aspek budaya dibandingkan aspek fisik, sebab secara fisik daratan Rusia merupakan bagian dari daratan Asia tetapi secara budaya masuk dalam wilayah negara-negara Eropa

 

c. Keadaan Alam Benua Asia

1) Iklim

Keadaan iklim di Asia sangat bervariasi. Hal itu pengaruhi oleh letak geografis dan letak astronomisnya. Iklim di Benua Asia dapat dijelaskan sebagai berikut:


a)  Asia Utara, khususnya Siberia Utara, beriklim kontinental kutub. Musim dingin berlangsung lama, sedangkan musim panas sangat singkat. Suhu udara pada musim panas ± 10°C. Pada musim dingin, suhu udara berada di bawah nol derajat Celcius. Curah hujan terbanyak terdapat di dataran rendah muara Sungai Amur. Ha1 itu disebabkan oleh angin muson tenggara dari Laut Jepang. Makin ke selatan. curah hujan semakin berkurang.


b) Asia Tengah beriklim darat (kontinental) dengan curah hujan sedikit. Pada musim panas suhu udara di Asia Tengah sangat panas dan pada musim dingin suhu udara sangat dingin. Daerah terkering terdapat di Gurun Gobi.


c)  Asia Barat, terutama jazirah Arab dan Plato Iran, beriklim darat ( iklim gurun: Jazirah Anatolia beriklim mediterania. Curah hujan terbanyak terdapat di pantai timur Laut Hitam.


d) Asia Selatan dan Asia Tenggara. Kawasan Asia Selatan dan Asia Tenggara beriklim tropis basah. Di kawasan tersebut hujan terbanyak terjadi di daerah Cherrapunji. Hal itu disebabkan oleh angin muson barat daya dari Teluk Benggala. Pada bulan Maret dan April suhu udara rata-rata adalah 35°C. Asia Timur, terutama Jepang dan Korea, beriklim subtropik. Hujan banyak turun, khususnya di Jepang bagian selatan. Hal itu terjadi karena pengaruh angin laut Samudra Pasifik.


2) Bentang Alam

Bentang alam atau bentuk muka bumi benua Asia beraneka ragam yang mayoritas wilayah terdiri dari pegunungan dan dataran tinggi. Pegunungan Himalaya merupakan pegunungan tertinggi di dunia dengan puncaknya Mount Everest (Gauri Sangkar) tinnginya mencapai 8.848 meter. Titik terendah dunia juga terletak di Asia dengan Titik terendah adalah Laut Mati, yang membujur di daerah antara Israel, Palestina, dan Yordania, berada pada 417,5 meter di bawah permukaan laut. Secara garis besar bentang alam benua Asia dapat dijelaskan sebagai berikut ;


1)  Rangkaian Pegunungan, antara lain Pegunungan Himalaya, Pegunungan Hindu-Kush, Pegununga Korakorum, Pegunungan Asia Tengah, Pegunungan Sirkum Pasifi dan Pegunungan Meditarian. Kemudian ada Pegunungan Kin Lin dan Pegunungan Kwen Lun di daerah sekitar Korea. Pegunungan yang terdapat di Jepang, Taiwan, Filipina, dan Indonesia merupakan pegunungan muda vulkanik dan merupakan rangkaian Pegunungan Sirkum Pasifik . Selain itu, di Asia juga terdapat Pegunungan Hindukush, Altai, Ticushan, Karakorum, dan Altyn Tagh


2)  Daerah Plato atau Dataran Tinggi, antara lain plato Tibet, plato Mongolia, dan plato Dekan. Sedangkan dataran tinggi terdapat di Pegunungan Ghast, Pegunungan Adams dan Pidurutalagala di wilayah Sri Langka.


3)  Daerah Basin atau Cekungan, antara lain Danau Aral, Danau Baikal, Danau Balkash, Danau Urmia dan Laut Mati (Danau Garam) serta Danau Kaspia sebagai danau terluas di dunia


4)  Wilayah Gurun dan Hutan Hujan Tropis, antara lain Asia bagian barat laut sebagian besar wilayah berupa padang pasir yang merupakan bagian dari gurun gobi dan gurun Ordos Selain itu juga terdapat Gurun Thars, Gurun Taklamakan, dan Gurun Rubal Khali. Di benua Asia banyak ditemui Hutan hujan Tropis karena beriklim tropis dengan curah hujan yang tinggi yang membentang sebagain besar di Asia Tenggara


5)  Sungai-sungai besar yang terdapat di Benua Asia, antara lain, Sungai Gangga, Sungai Indus, Sungai Brahmaputra, Sungai Mekhong, Sungai Yangtse, dan Sungai Huang Ho (Sungai Kuning)


Daerah depresi dijumpai di berbagai kawasan, antara lain:


1)  Sepanjang aliran Sungai Ob, Sungai Yensei, Sungai HuangHo, dan Sungai Yangtse:


2)  dataran rendah sepanjang Sungai Indus dan Sungai Gangga di Pakistan dan India;


3)  dataran rendah di Semenanjung Indocina, Semenanjung Malabar, dan Indonesia.

 

d. Karakteristik Benua Asia

1.  Merupakan benua terluas di seluruh dunia

2.  Penyuplai minyak bumi terbesar di dunia (Timur Tengah).

3.  Mempunyai pegunungan tertinggi di dunia yaitu pegunungan Himalaya.

4.  Memiliki puncak gunung tertinggi di dunia yaitu mount Everest.

5.  Pertumbuhan penduduknya rata-rata diatas 2% per tahun.

6.  Mempunyai danau terluas di dunia yaitu danau Kaspia 394.299 km2

7.  Mempunyai laut terluas di dunia yaitu Laut China Selatan 2.974.614 km2


Share:

1 Post a Comment:

  1. Materi Pelajaran yang bagus, sangat bermanfaat sekali dan sebagai referensi saya untuk mengajar

    ReplyDelete

Silahkan Masukan Komentar dan saran Anda yang membangun agar blog saya bisa menjadi lebih baik. Terima kasih

Total Pageviews